10 Ide Konten Menarik untuk Bulan Ramadhan
10 Ide Konten Menarik untuk Bulan Ramadhan
Konten yang relevan tentu akan banyak audiens. Di bulan Ramadhan, ada baiknya kamu mempersiapkan konten bulan Ramadhan guna mengembangkan aktivitas online -mu.
Seperti dilansir dari Think Marketing Magazine , salah satu cara untuk memberikan dampak yang besar terhadap media digital adalah dengan membuat konten khusus terkait bulan suci ini.
Melihat fenomena tersebut, kamu bisa memanfaatkan peluang untuk meraup audiens di bulan Ramadhan dengan membuat konten-konten yang berkaitan dengan bulan Ramadhan.
Lantas kira-kira apa saja ide konten yang menarik untuk disajikan ketika bulan puasa tersebut? Tenang, berikut Glints akan memberikan contoh-contoh ide konten tersebut.
Baca Juga: 5 Ide Usaha Rumahan saat Bulan Puasa untuk Menambah Penghasilan
Ide Konten Bulan Ramadhan
1. Rekomendasi menu buka/sahur
Ide konten pertama yang bisa kamu gunakan untuk menciptakan banyak audiens adalah konten tentang menu-menu buka atau sahur.
kadang-kadang, orang-orang kebingungan untuk memilih menu buka dan sahur selama bulan Ramadhan .
Melihat hal tersebut, kamu bisa memberikan rekomendasi kepada audiens terkait menu buka dan sahur.
Dengan membuat konten yang relevan dengan bulan Ramadhan seperti itu, maka besar kemungkinan kamu dapat menarik audiens dalam jumlah yang banyak.
2. Tutorial memakai hijab
Ide konten bulan Ramadhan lainnya yang bisa kamu buat selama bulan puasa adalah tutorial memakai hijab.
Salah satu cara yang tepat untuk membuat konten terkait tutorial memakai hijab adalah dengan menggunakan format video.
Konten video menjadi salah satu konten yang menarik bagi banyak orang. Sebab, jenis konten ini disajikan secara visual. Berbeda dengan konten artikel yang hanya ada gambar serta teks.
Menurut Google Ramadan Series, selama Ramadan lebih melihat video dan 57% terlibat dalam komentar video, blog, atau postingan media sosial.
Melihat data tersebut, konten video dengan menampilkan tutorial memakai hijab tentu adalah satu-satunya ide konten yang menarik selama Ramadhan.
Kamu bisa membuat konten ini melalui platform YouTube ataupun platform media sosial lainnya seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.
3. THR
Saat menjelang hari raya Idulfitri, tentu para pegawai sangat senang. Sebab, mereka akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaan tempat mereka bekerja.
Akan tetapi, masih banyak orang yang belum bisa mengatur THR dengan sangat baik.
Hal ini pada akhirnya membuat THR tersebut habis secara tiba-tiba karena dibuat untuk berbelanja banyak hal.
Hebatnya, saat ini e-commerce sudah banyak di Indonesia. Orang-orang sendiri seringkali akan menghabiskan waktu di bulan Ramadhan dengan bermain handphone sehingga rentan berbelanja secara online .
melihat keadaan tersebut, kamu bisa membuat konten bulan Ramadhan terkait mengatur THR agar orang-orang dapat mengelola keuangan dengan baik.
4. Menjaga kesehatan di bulan Ramadhan
Ide konten lainnya yang bisa digunakan adalah tips dan tips menjaga kesehatan di bulan Ramadhan .
Menjaga kesehatan agar tetap fit dan bugar selama menjalani puasa satu bulan penuh adalah hal yang penting.
Akan tetapi, sebagian orang masih belum memahami tips bagaimana menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan.
Dengan demikian, kamu bisa menampilkan konten-konten terkait tips menjaga kesehatan di bulan puasa ini.
5. Hiburan jelang buka puasa
Konten hiburan menjadi topik hangat yang diperbincangkan oleh pengguna Twitter, terlebih di bulan Ramadhan.
Kamu bisa menyajikan rekomendasi hiburan-hiburan yang bisa dinikmati jelang buka puasa.
Misalnya rekomendasi film dan serial, rekomendasi podcast , atau beragam channel YouTube yang bisa menghibur.
Dengan rekomendasi semacam itu, orang-orang tentu akan tertarik dengan konten yang dibuat memiliki bahan hiburan untuk ngabuburit.
Ide konten yang bisa kamu coba untuk bulan Ramadhan nanti adalah konten bertema islam.
Bulan Ramadhan yang penuh berkah bisa kamu manfaatkan untuk saling mengingatkan dan mengajak audiens agar terus berbuat kebaikan.
Misalkan, kamu bisa mencoba untuk membuat konten yang berisi kutipan ayat Al-Qur'an, hadis, doa, hingga kisah Nabi.
7. Konten harian bertemakan Ramadhan
Kamu juga bisa memposting konten harian yang dilihat di luar bulan Ramadhan namun dibalut dengan suasana Ramadhan, lho.
Misalkan, jika brand di industri traveling bisa membuat konten harian yang membahas tentang suasana Ramadhan di kota atau negara lain.
Melansir Hype , dalam desain kontenmu, kamu bisa menggunakan simbol atau desain ikonik yang selalu hadir di bulan Ramadhan seperti buah kurma, bulan sabit, hingga lentera.
8. Meluncurkan produk baru
Meluncurkan produk baru juga bisa menjadi ide konten lain saat bulan Ramadhan. Tentu, akan lebih baik jika produk barumu berkaitan dengan Ramadhan.
Anggaplah, brand -mu bisa meluncurkan menu baru yang spesial dan tersedia khusus di bulan Ramadhan saja lalu digunakan konten di media sosial.
Hal ini akan membuat audiens Anda tertarik ketika melihat konten yang berisi produk baru tersebut dan menimbulkan keinginan untuk tertarik.
Di sisi lain, kamu pun bisa mencoba untuk membuat diskon spesial saat Ramadan lalu mempromosikannya di media sosial.
9. Giveaway atau kuis
melakukan giveaway atau kuis pun bisa menjadi ide konten yang cocok ketika bulan Ramadhan.
Selain meningkatkan engagement rate , kamu pun bisa menjangkau audiens baru dengan melakukan kegiatan ini sebagai konten media sosialmu.
Namun, pastikan kamu memberikan syarat yang jelas dan bisa membantumu menjangkau audiens baru.
Misalkan, dengan mention tiga orang teman di kolom komentar, follow akunmu sebelum mengikuti giveaway , share , upload post ke feed atau story , dan masih banyak lagi.
Selain itu, pastikan hadiah yang diberikan kepada audiens sesuai dengan kebutuhan audiens, ya.
10. Bekerja sama dengan influencer
Ide konten lainnya yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadhan adalah melalui kerja sama dengan influencer .
Tidak dapat dipungkiri bahwa influencer dapat membantumu menjangkau audiens yang lebih luas.
Sehingga, membuat konten kerja sama dengan influencer perlu Anda coba ketika suasana Ramadhan.
Namun, pastikan kamu memilih influencer yang sesuai dengan branding dan audiens target - kamu, ya.
Nah, kamu bisa lho untuk tanya jawab dan diskusi dengan sesama pengguna dan profesional terkait dengan pembuatan konten di bulan suci.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda